Pesona Keindahan Kota Raha, Kota Kebanggaan Orang Muna
Foto Udara Tugu Jati kota Raha, by Arman/MUNABANGKIT.COM

Pesona Keindahan Kota Raha, Kota Kebanggaan Orang Muna

Kota Raha adalah ibukota Kabupaten Muna. Seperti halnya kebanyakan kota di Indonesia, kota Raha berada di tepi laut atau pinggir laut. Kota Raha berada di tepi laut Selat Buton, selat yang menghubungkan Pulau Muna dan Pulau Buton.

Begitu Anda akan berlabuh di Pelabuhan Nusantara Raha, Anda akan langsung melihat keindahan kota Raha dari tengah laut. Ikon-ikon kota Raha akan langsung kelihatan, karena memang hampir semua ikon-ikon kota Raha dibangun di tepi laut, hasil reklamasi pantai yang dimulai pada masa pemerintahan Ridwan Bae sebagai Bupati Muna tahun 2000 – 2010. Ikon-ikon tersebut akan terlihat lebih indah jika Anda memasuki kota Raha pada malam hari, karena sepanjang Pinggir Laut (Pirla) kota Raha diterangi oleh lampu-lampu jalanan yang sangat memanjakan mata.

Ikon kota Raha yang sangat fenomenal saat ini adalah masjid Al Markaz Al Islami Al Munajat yang diresmikan oleh Bupati Muna pada pergantian tahun baru 2017. Masjid yang memiliki kubah kuning tersebut dibangun pada masa pemerintahan Ridwan Bae, namun tidak dilanjutkan alias mangkrak pada masa pemerintahan dr. Baharuddin sebagai Bupati Muna 2010 – 2015. Oleh Rusman Emba, masjid tersebut diselesaikan pembangunannya dalam 100 hari pertama pemerintahannya. Saat ini masjid ‘kubah kuning’ menjadi buah bibir dan membuat decak kagum siapapun yang melihatnya.

Masjid Al Markaz Al Islami Al Munajat pada siang hari by Arman/MUNABANGKIT.COM
Masjid Al Markaz Al Islami Al Munajat pada siang hari by Arman/MUNABANGKIT.COM

Di samping masjid kubah kuning, ada ikon lain yang juga dibangun di kota Raha dalam 100 hari pemerintahan Rusman Emba – Malik Ditu, yaitu pesawat tempur jenis Hawk MK-53 yang sengaja didatangkan dari Lanud Iswahyudi, Madiun. Kedatangan pesawat ini merupakan hasil perjuangan Bupati Muna bersama perwira tinggi TNI AU yang berasal dari Muna. Di samping kedua ikon tersebut, kota Raha juga sebelumnya memiliki dua tugu, yaitu Tugu Jati dan Tugu Jambu Mete, yang sampai saat ini masih merupakan ikon kota Raha.

Pemandangan sekitar SOR, by Arman/MUNABANGKIT.COM

Keindahan kota Raha, bukan hanya bergantung pada ikon-ikon tersebut, namun yang tidak kalah mengesankan juga adalah pemandangan di pinggir laut kota Raha. Pesona pemandangan tepi laut kota Raha, memang didesain sebagai tempat wisata keluarga yang sangat cocok digunakan untuk berolahraga,  “jalan-jalan” ataupun sekedar “duduk-duduk” sambil menunggu datangnya sunset di sore hari. Pesona keindahan kota Raha tersebut tentunya akan menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi para wisatawan, sebelum mengunjungi obyek-obyek wisata menarik lainnya di Kabupaten Muna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *