Ibu Yanti Setiawati Rusman Emba, Sosok Wanita Hebat di Balik Pria Hebat
Foto : Ibu Yanti Setiawati Rusma Emba, by dok. pribadi

Ibu Yanti Setiawati Rusman Emba, Sosok Wanita Hebat di Balik Pria Hebat

Yanti Setiawati Rusman Emba, untuk selanjutnya akan disebut dengan panggilan akrab Ibu Yanti merupakan sosok yang menarik dan patut untuk diteladani. Beliau bukan sekedar sebagai ibu rumah tangga biasa, lebih dari itu beliau adalah seorang wanita yang cerdas dan berpendidikan tinggi. Saya jadi teringat pada sebuah kiasan, “Di balik pria sukses, selalu ada perempuan hebat”. Dan kali ini memang terbukti bahwa dibalik kesuksesan Rusman Emba menjalani karir politiknya selama ini, keberadaan Ibu Yanti sebagai istri sekaligus partnernya sangatlah berarti dan berperan besar.

Saat ini publik Muna mengenal sosok Ibu Yanti sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrasnasda) sekaligus sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (Bunda PAUD) di Muna. Beliau aktif menggerakkan ibu-ibu dan menjadi penggerak pemberdayaan ekonomi perempuan. Namun demikian, sikap Ibu Yanti sangat low profile, beliau tak pernah menonjolkan diri tapi dikenal sebagai pribadi yang pekerja keras, santun dan telaten mendampingi warganya, terutama perempuan dan anak-anak.

Beliau perempuan bukan hanya sebagai pendamping, tapi juga berkontribusi besar membantu suaminya yang saat ini sedang menjabat sebagai Bupati Muna. Ibu Yanti mampu mensinergikan program-program yang diembannya dengan kebijakan Bupati. Beliau pekerja keras, yang mencurahkan begitu banyak waktunya untuk melatih ibu-ibu PKK dan mempromosikan produk-produk kerajinan Muna. Ia mengingatkan, perempuan mesti dibekali dengan ketrampilan untuk memberi pendapatan tambahan buat keluarganya.

Saat Ibu Yanti tampil di depan publik dalam acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke- 45 yang digelar di Galampano Kantolalo Raha, pada Senin 13 Maret lalu, Ibu Yanti terlihat sangat smart dan mengerti persoalan-persoalan di kabupaten Muna termasuk solusinya. Acara-acara yang digagas pun terbilang sangat sukses dan mampu menarik perhatian, bukan saja ibu-ibu PKK, namun juga semua lapisan masyarakat Muna.

Dalam berbagai forum, beliau menjelaskan perlu rencana aksi percepatan 10 program PKK. Di antaranya program pencegahan tindakan kekerasan terhadap anak dan perempuan. Program-program tersebut telah dilaksanakan dan disosialisasikan dalam setiap kunjungan kerjanya. Beliau menekankan betapa pentingnya pendidikan, moral, etika dan agama yang baik agar kekerasan terhadap anak dan perempuan dapat diminimalisir. Dan sebagai Pimpinan Dekranasda akan berusaha maksimal dalam mengangkat produk-produk unggulan daerah, khususnya kain tenun dan anyaman. Wanita hebat ini seusai dilantik pada bulan November 2016 sebagai Ketua Dekranasda melakukan promosi tenun Muna di berbagai pameran baik di tingkat daerah maupun nasional.

Kebijakan dan program-program yang beliau canangkan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakatnya. Harapan Ibu Yanti ingin menjadikan lembaga yang Ia pimpin sebagai wadah masyarakat yang mampu memberikan perubahan dan kontribusi nyata dalam pembangunan keluarga dan masyarakat.

Sambutan Ketua PKK dengan sejumlah program yang beliau sampaikan di berbagai forum publik, membuat saya kagum. Ini terlihat dari caranya berbicara yang sangat baik di depan audiens. Humble, santun dan apa adanya. Memudahkan saya untuk menebak bahwa Ibu Yanti adalah sosok wanita yang hebat. Peran Ibu Yanti ini tentu memiliki kontribusi besar terhadap kesusksesan Rusman Emba yang dikenal sebagai Bupati yang berprestasi.

Mungkin Anda akan mengatakan bahwa saya terlalu berlebihan atau over estimate dalam menilai Ibu Yanti Setiawati, tapi saya katakan tidak. Sebab saya punya pertimbangan tersendiri, mengapa saya sampai pada kesimpulan tersebut.

Di tengah Kesibukan, Yanti Setiawati Tetap Mengedepankan Keluarga Kecilnya

Foto : Ibu Yanti Setiawati bersama suami dan putri tunggalnya, by doc. pribadi

Ketika membicarakan Ibu Yanti Setiawati, rasanya belum lengkap kalau tidak menyinggung tentang keluarga kecilnya. Bapak Rusman Emba dan Ibu Yanti Setiawati dikaruniai seorang putri cantik yang bernama Azza. Wanita kelahiran Raha ini walaupun sibuk oleh tugas-tugas yang diembannya, tidak membuatnya lalai menjalani tugas sehari-harinya sebagai seorang istri dan seorang ibu. Ibu Yanti pun tetap mengedepankan perhatian untuk keluarga kecilnya ini. Misalnya, selalu menyiapkan makanan sendiri di rumah. Momen makan bersama menjadi ajang mereka saling bertukar pikiran tentang kejadian sehari-hari yang dialami. Beliau juga sangat mendukung suaminya. Salah satu postingan tulisan Ibu Yanti Setiawati, yang penulis kutip dari akun facebook pribadi, beliau mengatakan ”Kamu bukan lagi milikku seutuhnya, kamu milik mereka yang memilihmu. Di pundakmu banyak harapan digantungkan, Saya ikhlas apapun keputusanmu. Semoga Allah membimbingmu”.

Sesungguhnya ibu Yanti dan Bapak Rusman Emba memiliki banyak kesamaan. Keduanya memiliki sifat kesederhaan dan bersahaja, dekat dengan rakyat dan selalu ingin membantu dan menolong kaum yang lemah. Keduanya juga memiliki jiwa pengabdian yang tinggi. Semoga segala upaya yang dilakukan oleh Bupati Muna Rusman Emba dan Ibu Yanti Setiawati dalam membangun Muna mendapat ridho dari Allah, SWT. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *