Upaya Menggenjot Investasi di Kabupaten Muna
Foto : Pembangkit Listrik

Upaya Menggenjot Investasi di Kabupaten Muna

Publikasi statistik daerah Muna menunjukan bahwa investasi di sektor industri di Kabupaten Muna masih tergolong kecil dibandingkan dengan potensi sumberdaya yang ada. Di tahun 2015 nilai investasi sebesar 32,9 miliar rupiah yang tersebar di tiga kelompok industri yakni; industri hasil pertanian dan kehutanan, industri aneka, dan industri kimia, logam dan mesin. Investasi ini mampu menyerap lapangan kerja sebanyak 1.857 orang dengan nilai produksi sebesar 87,9 miliar rupiah. Kelompok industri hasil pertanian dan kehutanan menjadi target utama investor yang melibatkan 165 perusahaan.

Pemerintah daerah harus memiliki komitmen kuat untuk menarik investor dari luar agar berinvestasi di Muna khususnya pada sektor hilir untuk mendorong pertumbuhan industri di Kabupaten Muna. Saat ini Bupati Muna setidaknya telah memberi ruang bagi PT. Sido Muncul yang merupakan salah satu industri jamu modern untuk melakukan budidaya singkong gajah. Investasi di sektor industri tentu membutuhkan ketersediaan sarana dan prasarana seperti ketersediaan listrik. Untuk menjawab kendala ini, Pemda juga tengah membuka peluang investasi untuk sektor energi, khususnya listrik.

Perkembangan kapasitas daya terpasang dan produksi listrik di Kabupaten Muna dalam lima tahun terkahir termasuk bergerak lambat. Pada tahun 2010 daya terpasang sebesar 18.305 KW dan hanya mengalami kenaikan sebesar 32.760 KW pada tahun 2015. Demikian dengan produksi listrik pada tahun 2010 sebesar 13.538 KWh, hanya meningkat menjadi 33.862 KWh pada tahun 2015. Rendahnya kenaikan kapasitas daya terpasang dan produksi listrik di Kabupaten Muna untuk menunjang kebutuhan listrik bagi warga serta menunjang akifitas publik dan roda ekonomi daerah diakui oleh Bupati Rusman Emba. Untuk itu, salah satu prioritas target investor  di Kabupaten Muna adalah investor di sektor energi khususnya pembangkit listrik.

Upaya menggenjot investasi daerah perlu memperhatikan salah satu faktor terpenting untuk menarik investor yakni adanya jaminan kepastian hukum dalam menjalankan usaha. Banyak pengalaman di daerah lain dimana investor gagal masuk karena ketidakpastian hukum. Pemerintah Daerah Kabupaten Muna harus memberikan kemudahan dalam memberikan jaminan tentang peraturan daerah baik Perda, Pergub, maupun SK Bupati yang telah ditetapkan dalam kegiatan investasi dan usaha akan tetap dipegang walaupun sistem pemerintahan berubah. Jaminan ini sangat diminta oleh para investor maupun calon investor dalam kegiatan investasi yang jangka waktu pengembalian modal yang ditanamnya cukup lama. Hal ini dapat kita jumpai dalam kegiatan investasi di bidang eksplorasi minyak bumi dan hasil tambang, industri berat, perkebunan, kawasan industri, apartemen dan gedung bertingkat, serta kegiatan-kegiatan high-tech industries.

Tugas berat Bupati Rusman Emba ke depan adalah bagaimana membangun kerjasama yang kuat dengan seluruh pemangku kepentingan daerah, khususnya DPRD dalam mengevaluasi dan merumuskan kembali regulasi-regulasi daerah yang berhubungan dengan ekonomi dan investasi daerah agar menarik para investor untuk berinvestasi di Kabupaten Muna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *