Sektor Perikanan Tangkap Yang Menjanjikan

Sektor Perikanan Tangkap Yang Menjanjikan

Kabupaten Muna merupakan rangkaian daratan utama yang dikelilingi oleh beberapa gugus pulau yang memiliki luas lautan cukup besar untuk melakukan investasi perikanan tangkap. Potensi perikanan tangkap untuk komoditi perikanan strategis seperti tuna, cakalang, tongkol, dan lainnya.

Pada tahun 2015 produksi perikanan tangkap laut di Kabupaten Muna sebesar 19.516,56 ton yang dominan dihasilkan di tiga kecamatan yakni Kecamatan Marobo, Duruka, dan Towea. Angka produksi ini meningkat tajam dari 10.078,74 yang dihasilkan pada tahun 2014. Perkembangan sektor perikanan tangkap telah didukung oleh armada tangkap cukup modern yakni 1.342 kapal motor.

Perkembangan ekonomi sektor perikanan tangkap dan perairan umum setidaknya didukung oleh permintaan konsumsi lokal yang cukup tinggi. Dalam statistik perdagangan antar pulau, perdagangan hasil perikanan menempati nilai tertinggi setelah perdagangan hasil perkebunan yakni mencapai 13.6 miliar pada tahun 2014. Fakta ini juga dikuatkan oleh rata-rata pengeluaran perkapita untuk kelompok makanan sebesar Rp. 44.016 setelah kelompok padi-padian.

Volume dan Nilai Perdagangan Antar Kota di Kab. Muna Tahun 2014
Volume dan Nilai Perdagangan Antar Kota di Kab. Muna Tahun 2014

Meskipun terjadi perubahan strategis dalam rezim pengelolaan perikanan dan kelautan pasca implementasi UU No. 23 Tahun 2014 dimana kewenangan pengelolaan sektor ini diserahkan ke Pemerintah Provinsi, namun pemerintah daerah Kabupaten Muna dapat membantu Pemda Provinsi menumbuhkan sektor hulu dan hilir di kawasan-kawasan produksi perikanan tangkap lokal untuk menggerakan ekonomi daerah pesisir dan pulau-pulau berpenghuni melalui investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *