Pentingnya Museum dan Pusat Kebudayaan Muna
Ilustrasi Foto Pusat Kebudayaan Betawi/SATUHARAPAN.COM

Pentingnya Museum dan Pusat Kebudayaan Muna

Sebagai bekas sebuah kerajaan di Jazirah Kepulauan di Provinsi Sulawesi Tenggara dengan kekayaan historis dan budayanya , Muna yang kini telah menjadi 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Muna dan Muna Barat, sepantasnya memiliki museum sejarah dan pusat kebudayaan Muna. Keberadaan museum tersebut memiliki manfaat untuk (1) pendidikan dan penelitian, serta (2) pariwisata.

Manfaat buat pendidikan dan penelitian, ialah memberikan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif bagi generasi muda Muna dan juga para peneliti domestik maupun asing yang ingin mempelajari dan mendalami sejarah dan kebudayaan Muna. Selanjutnya, manfaat buat pariwisata ialah museum tersebut dapat dijadikan obyek kunjungan wisatawan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan Muna. Pengetahuan sejarah dan kebudayaan Muna tentu tidak hannya terkait dengan apa yang ada di pulau Muna. Akan tetapi, terkait juga kesejarahannya dengan daerah-daerah lain di Indonesia maupun dunia luar di masa silam. Hal ini tentu menjadi kajian sejarah maupun antropologi yang menarik bagi kalangan ilmuwan, peneliti dan bahkan pelaku usaha wisata.

Museum dan Pusat Kebudayaan
Gedung Pusat Kebudayaan Betawi, Jagakarsa, Jakarta Selatan/SATUHARAPAN.COM

Pembangunan Museum ini akan lebih bermanfaat jika dipadukan dengan Pusat Kebudayaan Muna yang disana bisa dijadikan arena untuk ekspesi seni dan kebudayaan Muna dalam bentuk teater, pembacaan puisi, tarian maupun seni musik yang bernuansa lokal dan etnikal. Hal ini juga akan bermanfaat bagi generasi muda Muna untuk mampu merevitalisasi dan mempelajari kebudayaan Muna sebagai khazanah kekayaan budaya bangsa. Jika hal ini tidak dlakukan, maka kebudayaan Muna bisa saja akan punah karena kalangan generasi tua yang masih mewarisinya kian berkurang jumlahnya.

Tentu langkah konkrit membangun Museum yang dipadukan dengan Pusat Kebudayaan Muna akan memberikan manfaat dan nilai tambah tersendiri. Dalam pusat kebudayaan tersebut akan ditulis bahkan dibuat biorama tentang cerita-cerita rakyat Muna yang di era modern sekarang ini semakin sulit menemukan penuturnya. Dan, tidak menutup kemungkinan, cerita-cerita rakyat tersebut, misalnya, dibuat menjadi film dokumenter jika ada pihak-pihak luar yang berminat untuk mengembangkannya. Hal yang tidak kalah penting, di Museum dan Pusat Kebudayaan Muna tersebut dibuatkan film dokumenter yang berisikan tentang situs-situs sejarah di Pulau Muna, lokasi wisata religius, wisata pantai dan pulau kecil, dan situs pra sejarah lainnya. Film dokumenter ini akan semakin elok jika langsung dikoneksikan dengan jaringan-jaringan wisata internasional melalui media sosial (internet) yang disertai keterangan singkatnya dengan bahasa asing (Inggris) sehingga memancing pihak domestik dan luar negeri untuk datang ke Muna baik sebagai wisatawan, peneliti dan pelaku usaha.   Dengan kemajuan teknologi informasi sekarang ini, semua hal bisa dilakukan dan dengan mudah orang dibelahan dunia lain akan mengakses dengan cepat.

Pembangunan Museum dan Pusat Kebudayaan Muna ini mesti didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana penunjang seperti cottage, hotel, transportasi, restoran dan sumber daya manusia yang profesional. Hal ini penting agar memberikan pelayaran publik yang memadai sehingga kalangan wisatawan yang berkunjung ke Muna mendapatkan kesan yang positif dan memuaskan. Bahkan, akan lebih bagus lagi di Museum dan Pusat Kebudayaan Muna tadi diintegrasikan dengan Kampung Budaya Muna. Kampung Budaya Muna adalah sebuah model perkampungan khas  orang Muna dengan tradisinya mulai dari bentuk rumah, cara bercocok tanam, cara membuat kuliner hingga sistem adatnya.

Pusat Kebudayaan
Foto : Kampung Budaya Sindang Barang

Penulis pernah menyaksikan model semacam ini di wilayah Bogor yang di sebuat sebagai Kampung Budaya Sunda.  Rumah-rumah yang dibangun dalam Kampung  Budaya Muna tersebut sekaligus menjadi cottage bagi pengunjung jika ingin menginap dan sekaligus belajar kebudayaan Muna. Di dalam Kampung Budaya Muna tersebut juga akan disajikan beragam kesenian kas daerah Muna seperti modero, kantola dan lain-lain dengan alat musik tradisionalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *