Potensi Wisata Bahari Muna, Belajar dari Kesuksesan Wakatobi
Foto : Wisata Bahari Wakatobi, by WWW.DIVE-THE-WORLD.COM

Potensi Wisata Bahari Muna, Belajar dari Kesuksesan Wakatobi

Bicara pengembangan sektor wisata, khususnya wisata bahari belajarlah ke Kabupaten Wakatobi. Dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan kunjungan wisata ke Wakatobi mengalami peningkatan yang sangat mengesankan. Pada tahun 2011 jumlah total kunjungan wisatawan ke Wakatobi mencapai 7.698 wisatawan dan meningkat menjadi 18.027 pada tahun 2015. Artinya terjadi peningkatan jumlah kunjungan mencapai hampir 150 persen dalam lima tahun. Pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan ini menjadi multi player effect bagi tumbuhnya ekonomi daerah terutama pertumbuhan UMKM berbasis masyarakat.

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara tidak terlepas dari pangelolaan sektor pariwisata yang baik. Terdapat beberapa faktor yang menjadikan pengelolaan pariwisata bahari berkembang dengan baik di Kabupaten Wakatobi, antara lain; (a) dukungan politik dan ekonomi yang kuat dari pemerintah daerah untuk memajukan sektor pariwisata, khususnya wisata bahari. Visi Pemerintah Kabupaten Wakatobi sebagaimana tercantum dalam Perda No. 3 Tahun 2013 tentang Rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Wakatobi 2013 – 2016 yaitu “Terwujudnya Surga Nyata Bawah Laut di Pusat Segitiga Karang Dunia”. Visi ini menjadi mendorong kemauan politik yang kuat untuk bagi seluruh stakeholder untuk memajukan sektor pariwisata; (b) Dukungan jejaring konservasi lokal, nasional, dan internasional dalam upaya perlindungan sumberdaya laut di Wakatobi. Pemerintah daerah telah membangun kerjasama kuat dengan LSM internasional seperti WWF, TNC, RARE, maupun Bank Dunia melalui Program COREMAP; (c) Kampanye publik yang kuat melalui berbagai jaringan komunikasi publik baik media sosial, elektronik, serta media massa lainnya; (d) Pengembangan sarana dan prasarana pendukung pariwisata mulai dari sarana transportasi hingga jasa perhotelan dan kuliner; (e) Dukungan masyarakat adat/lokal dalam mengembangkan usaha wisata berbasis masyarakat. Telah tumbuh berbagai unit-unit usaha wisata berbasis masyarakat seperti Waha Tourism Community di Desa Waha serta Sombu Tourism Community di Desa Sombu untuk membantu wisatawan dalam menikmati jasa wisata di pedesaan.

Matohara
Foto : Bandara Matohara, Wakatobi, by Ahmad Mony/MUNABANGKIT.COM

Posisi geografis Kabupaten Muna tidak jauh dari Kabupaten Wakatobi sehingga bisa menjadikan strategi pengelolaan sektor pariwisatanya sebagai best practices dalam kebijakan daerah. Bupati Muna yang baru terpilih L.M Rusman Emba dapat memulainya dengan menjadikan sektor pariwisata sebagai keunggulan kompetitif daerah untuk menjawab tantangan pertumbuhan ekonomi wilayah. Selanjutnya dapat membangun komunikasi dengan jejaring konservasi laut berskala nasional dan internasional untuk hadir di Muna dalam mengembangkan konservasi perairan dan promosi keindahan bawah laut serta wilayah pesisir Muna yang indah dan eksotis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *