Potensi Muna Mendapat Perhatian Kementerian Desa
Foto : Dirjen Pengembangan Kawasan Pedesaan Kementerian Desa mengunjungi Muna, by PPID Humas Muna.

Potensi Muna Mendapat Perhatian Kementerian Desa

Upaya-upaya promosi yang dilancarkan Bupati Muna, L.M Rusman Emba sedikit demi sedikit mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Selasa (21/2/2017) lalu Kabupaten Muna mendapat kunjungan pejabat eselon satu di Kementerian Desa, Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan (PKP), Johozua M. Yoltuwu.

Dalam kunjungan tersebut, Dirjen PKP berkesempatan meninjau beberapa potensi yang dimiliki Kabupaten Muna dalam upaya menggenjot pembangunan. Dengan didampingi Bupati Muna, Dirjen PKP mengunjungi beberapa lokasi. Selama dua hari bermukim di Muna, Johozua banyak menjaring potensi di Kabupaten Muna. Dimulai Desa Lagasa, Dirjen memantau secara langsung kondisi terakhir pembangunan wilayah tersebut. Masih di desa yang sama, sebuah mata air yang sering digunakan masyarakat pun turut dipantau. Kemudian berlanjut di Desa Mabodo Kecamatan Kontunaga. Namun sebelum ke Desa Mabodo, Dirjen bersama Bupati Muna LM. Rusman Emba menumpang speed Pemda menelusuri laut via Lagasa hingga berakhir di lokasi permandian Meleura, Kecamatan Lohia.
Usai bejumpa dengan aparat Desa dalam hal ini Kades Mabodo, Dirjen melanjutkan perjalanannya ke Kecamatan Kabangka. Kemudian dilanjutkan ke mata air di Desa Bahutara Kecamatan Kontukowuna.

Bupati Muna LM. Rusman Emba menyampaikan rasa syukurnya kepada Dirjen yang mau bersusah payah berkunjung dan ikut keliling Kabupaten Muna. Baginya ini adalah suatu rahmat bagi masyarakat Muna karena mendapat kunjungan dari kementrian langsung dan bisa melihat potensi yang ada di Muna. Oleh karena itu, Rusman berpesan bahwa saatnya Muna membangun budaya kerja, kerja dan kerja. Masyarakat tidak lagi berdiam diri. Dirinya mengajak untuk membangun Muna bersama-sama. Rusman akan terus bekerja untuk kemaslahatan masyarakatnya. Kesejahteraan masyarakat adalah agenda utama dalam kepemimpinannya. Karena Rusman terus mengupayakan bantuan-bantuan yang bisa diberikan ke Kabupaten Muna.
“Kepada orang tua-orang tua saya minta tolong yah. Saatnya kita kerja..kerja..kerja. sudahi pemikiran-pemikiran politik. Kalau ada yang masih begitu nanti kita selesaikan juga secara politik,” tegasnya dihadapan masyarakat Kontukowuna.

Kunjungan tersebut tampaknya bakal menuai hasil. Dirjen memberi angin segar kepada masyarakat kabupaten Muna. Pria berkacamata ini mengucap janji menurunkan bantuan berdasarkan hasil kunjungannya ini. Namun Dirjen belum memberi kepastian seperti apa program yang bakal di realisasikan untuk Muna.
“Saya akan memberikan tanda mata untuk Muna tahun ini. Entah itu program waduk nanti kita lihat. Karena Muna ini bukan lagi teman tapi sudah menjadi kandung,” kata Johozua saat memberi sambutan dihadapan masyarakat Kontukowuna, Selasa (21/2/2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *