Pelabuhan Nusantara Raha, Gerbang Utama Kabupaten Muna
Pelabuhan Nusantara Raha

Pelabuhan Nusantara Raha, Gerbang Utama Kabupaten Muna

Pintu masuk utama untuk dapat menikmati keindahan obyek-obyek wisata di Kabupaten Muna adalah Pelabuhan Laut Nusantara, kota Raha.  Saat ini, pelabuhan Nusantara Raha melayani kapal penumpang PT Pelni, yaitu KM Tilongkabila yang melayani rute dari Bitung, Sulawesi Utara hingga Benoa, Bali melalui pelabuhan-pelabuhan Gorontalo, Banggai, Luwuk, Kolonedale, Kendari, Raha, Baubau, Makassar, Labuan Bajo, Bima, Lembar, dan Benoa, Bali. KM Tilongkabila berlabuh di kota Raha setiap minggu sekali dari Bitung ke Benoa dan dari Benoa ke Bitung. Rute pelayaran KM Tilongkabila merupakan rute yang banyak melalui daerah tujuan Wisata, seperti Bali, Lombok, Labuan Bajo, dan Makassar. Sehingga Pelabuhan Nusantara Raha merupakan gerbang penting bagi keluar masuknya wisatawan ke Kabupaten Muna.

Di samping itu, Pelabuhan Nusantara Raha juga melayani Kapal Cepat Bahari rute Kendari – Raha – Baubau dengan jadwal 2 (dua) kali sehari. Kapal Cepat Bahari sendiri adalah kapal penumpang yang banyak digunakan oleh masyarakat Kabupaten Muna yang ingin keluar daerah menggunakan pesawat terbang melalui Bandara Haluoleo, Kendari maupun Bandara Betoambari, Baubau di samping menggunakan jalan darat melalui Pelabuhan Ferry Tampo dan Pelabuhan Ferry Waara di Kabupaten Buton Tengah.

Foto : Kapal Cepat Bahari sedang berlabuh di Pelabuhan Nusantara Raha, by Rahman/MUNABANGKIT.COM

Namun demikian, penggunaan transportasi laut ini sesungguhnya kurang ideal dalam mendukung pembangunan pariwisata Kabupaten Muna, karena tidak efisien bagi wisatawan. Oleh karena itu, pemerintah daerah mengupayakan pengaktifan kembali bandara Sugimanuru yang rencananya akan dimulai pada bulan Februari yang akan datang. Sehingga laju pertumbuhan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Muna tumbuh lebih cepat.

Foto : KM Tilongkabila sedang berlabuh di Pelabuhan Nusantara Raha, by Arman/MUNABANGKIT.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *