Muna dalam Setetes Tinta Couvreur (Bag. 1), “Muna dan Jules Couvreur”

Muna dalam Setetes Tinta Couvreur (Bag. 1), “Muna dan Jules Couvreur”

Sejarah suatu bangsa dapat dilacak dari berbagai referensi, baik yang tidak tertulis (tradisi lisan) maupun yang tertulis. Sumber tertulis pun adakalanya beragam tergantung siapa penulis dan pendekatan yang digunakan. Sejarah Muna merupakan rangkaian cerita lintas waktu yang umumnya dijaga dengan tradisi lisan, sehingga otentifikasinya sulit diukur ditengah erosi sejarah. Namun demikian terdapat orang luar dengan keterbatasan yang dimiliki berupaya menulis sejarah Muna sebagaimana ‘adanya’ untuk melestarikan garis ketersambungan sejarah tersebut.

Salah satunya adalah Jules Couvreur yang menulis sejarah Muna pada tahun 1935 dalam bahasa Belanda dengan judul Ethnografisch overzicht van Moena yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Dr. René van den Berg dan diterbitkan oleh Penerbit  Artha Wacana Press Kupang  tahun  2001.

Dari judul aslinya, karya Couvreur ini masuk dalam rumpun catatan etnografi, bagian dari kajian luas antropologi. Menariknya bahwa ia hanya seorang pejabat birokrat pemerintahan Hindia Belanda yang ditempatkan sebagai seorang kontrolir onderafdeling Muna (pejabat setingkat bupati) pada periode 1933-1935. Penerjemah sendiri ketika memperkenalkan sang tokoh, tidak menyebut secara jelas minat studi dalam jejak pendidikan Couvreur. Namun catatan etnografinya tentang Muna menunjukan kelasnya dalam pemahaman disiplin ilmu antropologi.

Jules Couvreur mungkin sama dengan Sir Thomas Stamford Raffles pengarang Buku The History van Java, seorang aparatur sipil-militer yang memiliki bakat mengeksplorasi daerah penempatannya dalam catatan-catatan kebudayaan. Meskipun karya mereka banyak mendapatkan kritik dari para antropolog, sosiolog maupun sejarawan di era berikutnya, setidaknya upaya mereka telah menjembatani sungai sejarah yang mulai dangkal dan bercabang agar tetap mengalir deras untuk menjadi ingatan generasi berikutnya.

Catatan-catatan lanjutan dari seri artikel ini hanya “resensi” singkat atas bab-bab yang ditulis dari catatan etnografi Jules Couvreur di atas, sehingga diberi judul umum “Muna Dari Setetes Tinta Couvreur”. Artinya, jika ada referensi sejarah lain yang berbeda dengan catatan Couvreur tidak perlu diperhadapkan secara antagonis. Cukup dituliskan dalam catatan lain untuk dimuat di website ini. Catatan kecil ini semoga mengispirasi generasi muda Muna untuk menulsikan kembali sejarahnya secara utuh dan factual dari sudut pandang anak negeri. Selamat menikmati serial tulisan ini dalam kehangatan secangkir kopi.

Seri kedua akan mengupas tentang Relasi Buton-Muna yang ditulis Couvreur pada Bab 3: Status Muna Terhadap Buton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *