Garuda Indonesia dan Lion Air Segera Terbang Perdana di Muna

Garuda Indonesia dan Lion Air Segera Terbang Perdana di Muna

Keinginan masyarakat Muna untuk terbang langsung dari dan menuju tanah Muna akan segera terwujud. Upaya-upaya yang dilakukan oleh Bupati Muna, Rusman Emba dengan dukungan penuh Plt. Bupati Muna Barat dan Plt. Bupati Buton Tengah berhasil meyakinkan dua maskapai penerbangan, Garuda Indonesia dan Lion Air melalui anak usahanya, Wings Air untuk melayanai rute penerbangan Muna – Makassar, melalui Bandara Sugimanuru di Kabupaten Muna Barat.

Kedua maskapai tersebut saat ini sedang mengajukan izin prinsip dari Ditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan. Begitu izin prinsip tersebut terbit, maka kedua maskapai siap beroperasi. “Untuk semua kesiapan teknis sudah memenuhi syarat, tinggal kesiapan administrasi yaitu izin prinsip dari Kemenhub,” demikian ungkap Rusman Emba. Jika tidak ada hambatan berarti, maka selambat-lambatnya bulan Februari Bandara Sugimanuru sudah beroperasi.

Bandara Sugimanuru sendiri memiliki panjang landasan 1600 meter dan lebar 30 meter. Dengan demikian bandara ini sudah dapat didarati oleh pesawat jenis ATR 72 yang dioperasikan oleh maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air Group.

Untuk merealisasikan keinginan tersebut pemerintah daerah tentu mengeluarkan dana yang cukup besar untuk perbaikan infrastruktur yang mendukung pengoperasian bandara. Di samping itu juga pemerintah daerah menyiapkan subsidi jika jumlah penumpang belum sesuai harapan.

Namun demikian, manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat Muna sebagai akibat pengoperasian bandara tersebut akan sangat besar. Masyarakat Muna yang tersebar di seantoero nusantara akan dengan mudah dan cepat mengunjungi kampung halamannya. Bahkan wisatawan domestik akan dengan mudah mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Muna dan Muna Barat, tanpa harus menginap terlebih dahulu (transit) dan menghabiskan waktu dan uang di kota Kendari atau kota Baubau. Semakin banyak orang yang mengunjungi Muna, maka Muna akan semakin terkenal. Ekonomi masyarakat pun akan tumbuh pesat sejalan dengan meningkatnya jumlah pengunjung. Sektor-sektor ekonomi kreatif akan semakin berkembang dan produktivitas masyarakat akan semakin tinggi. Produk-produk unggulan Muna akan semakin dikenal dan menjadi komoditi yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Baca juga http://munabangkit.com/revitalisasi-bandara-sugimanuru-menuju-kebangkitan-muna/

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *