Bupati Muna Lantik Pejabat Eselon II, III dan IV
Foto : Persiapan Pelantikan Camat Bone, Camat Parigi dan Camat Marobo, by Adhyn Haq

Bupati Muna Lantik Pejabat Eselon II, III dan IV

Rusman Emba, kembali melantik 89 jabatan struktural dari eselon II, III dan IV. Mereka yang dilantik terdiri dari Kepala Dinas, Camat dan Lurah. Mereka akan menggantikan para pejabat yang telah bertugas sebelumnya. Pelantikan berlangsung di Aula Setda Muna, Selasa (21/3/2017). Pejabat yang dilantik terdiri atas 6 pejabat eselon II, 42 Pejabat Eselon III dan 41 Pejabat Eselon IV.

Beberapa pejabat Kepala Dinas yang dilantik di antaranya, Bapak La Kusa sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Bapak Sukarman Loke sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bapak La Ode Paliawaluddin sebagai Kepala Dinas Koperasi. Sedangkan beberapa pejabat Camat yang dilantik di antaranya Bapak Safiudin sebagai Camat Bone, Bapak La Kiama sebagai Camat Parigi dan Bapak Jumrad sebagai Camat Marobo.

Bupati Muna LM. Rusman Emba mengatakan bahwa pergantian jabatan seperti ini merupakan hal biasa dalam sistem pemerintah. Menurutnya sebagai seorang birokrasi ketika dipromosikan ada setitik harapan yang melekat. Enam bulan masa pemerintahan yang dibina tentu ada harapan yang dititip kepada pejabat baru. Ini terkait dengan kemampuan pejabat baru dalam menerjemahkan visi dan misi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Muna.

Rusman berharap bahwa visi dan misinya dapat diimplementasikan dalam bentuk aksi yang nyata. Salah satu dengan menjawab tantangan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. “Sebuah amanah, sebuah tanggung jawab tanpa karya itu juga persoalan besar. Karena pertanggung jawabannya kita bukan hanya didunia tapi diakhirat juga.

“Saya kira harus cepat belajar, cepat menyesuaikan dan melihat apa yang menjadi aspirasi masyarakat. Apalagi dalam enam bulan terakhir banyak program nasional yang masuk diaerah-daerah,” kata Rusman Emba saat memberikan sambutan usai melantik.

Lanjut mantan anggota DPD RI ini memaparkan bahwa, program-program nasional tersebut harus dijawab tantangannya. Hal ini dapat menigkatkan produktifitas didaerah khususnya wilayah kecamatan dan kelurahan. Peningkatan produksifitas didaerah kini berada ditangan para camat dan lurah.

Rusman juga meminta untuk tetap menjaga stabilitas di lingkungan pemerintahan. Tidak perlu melakukan gerak-gerak politik yang bisa merobek tatanan kerja pemerintah. Bupati menekankan jika masih ada aroma politik dalam sistem pemerintahan maka dirinya akan menindak tegas pelakunya. Tentu dengan tindakan politik pula.

“Saya dengan Pak Malik punya harapan besar untuk membangkitkan Kabupaten Muna dari ketertinggalan. Tapi semua itu bisa terlaksana kalau teman-teman SKPD, para camat, para lurah melaksanakan apa yang sudah tertuang dalam visi kami. Tentu disini dibutuhkan koordinasi, agresifitas, responsif. Karena kalau sesuatu itu menanti perintah baru kerja itu agak susah. Saya kira teman-teman tahu bahwa APBD kita sedikit sekali tentu saya dengan Pak Malik harus mencari sumber-sumber pendanaan lain” ucap Rusman. (MBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *