Bangkit dengan Desa Wisata (2) “Potensi Desa Wisata Muna”
Foto : Desa Wisata Siwarak, by www.desawisatasiwarak.com

Bangkit dengan Desa Wisata (2) “Potensi Desa Wisata Muna”

Menangkap peluang dan prospek pertumbuhan pariwisata global dan nasional, Bupati Muna Rusman Emba bertekad menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor penggerak ekonomi daerah.  Beberapa lokasi wisata di Muna seperti wisata alam (pantai, gunung, goa), wisata budaya dan sejarah, wisata religi maupun wisata buatan lainnya akan dikembangkan. Konsep desa wisata dapat menjadi pilihan strategis mengembangkan pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Muna.  Beberapa daerah seperti Danau Napabale, Goa Liangkabori, Pantai Meliura, Pulau Towea, Kain Tenun Muna di Masalili, Atraksi layang-layang dan kesenian tradisional Muna yang unik, sangat layak dikembangkan menjadi paket-paket wisata yang dapat ditawarkan kepada wisatawan.

Untuk dapat dikategorikan sebagai desa wisata harus memenuhi beberapa syarat utama sebagai berikut : (a) Memiliki persyaratan sebagai sebuah destinasi pariwisata sebagaimana diatur dalam UU. No. 10 tahun 2009; (b) Kegiatan pariwisata berbasis pada sumber daya perdesaan; (c) Kegiatan melibatkan partisipasi aktif wisatawan dalam kehidupan perdesaan; d) Lebih berorientasi pada kegiatan rekreasi luar ruang; (e) Sebesar-besarnya mendayagunakan sumber daya manusia lokal; (f) Memberikan penghargaan besar pada budaya dan kearifan lokal; (g) Menyediakan akses yang memadai baik akses menuju ke destinasi lain maupun internal di dalam desa wisata itu sendiri; dan (h) Memiliki komunitas yang peduli pada pariwisata.

Pengembangan desa wisata membutuhkan komitmen semua pemangku kepentingan di daerah untuk menggalakan promosi wisata, pembangunan infrastruktur, penguatan kapasitas, dan pengelolaan kawasan. Hal yang lebih penting dalam pengembangan desa wisata adalah memperhatikan keterlibatan masyarakat untuk memastikan desa wisata menjadi pilihan cerdas dalam memelihara sumber daya alam sekaligus memberi dampak kesejahteraan bagi masyarakat desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *