Ini Arahan Bupati Muna pada Musrenbang Kecamatan
Foto : Bupati Muna saat memberikan arahan pada Musrenbang Kecamatan di Aula Kontukowuna, by Humas PPID Muna

Ini Arahan Bupati Muna pada Musrenbang Kecamatan

Bupati Muna LM. Rusman Emba mengemukakan empat hal yang menjadi program prioritas pemerintahannya pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di Aula Kecamatan Kontukowuna, Rabu (22/3). Ini sekaligus menjadi acuan pengembangan program kerja peserta Musrembang.

Keempat hal tersebut adalah pertama, peningkatan produktivitas pertanian. Dalam hal ini Rusman banyak menyinggung mengenai program pemanfaatan lahan 50 ribu hektar untuk produksi pangan jagung. “Ini merupakan salah satu program unggulan karena realisasinya sudah semakin dekat. Jika dihitung secara materil, keuntungannya mampu mensejahterakan masyarakat yang mengelola. Bantuan berlimpah berupa bibit dan hand-tractor tak lama lagi akan sampai ke tangan petani”, demikian kata Rusman Emba. Bahkan proses penanaman jagung ini sudah memakai sistem mekanisasi. Artinya manusia hanya menggerakkan, mesin yang bekerja.

Kedua, pemanfaatan potensi budidaya perikanan. Bupati meyakini bahwa lahan budidaya cukup luas tersedia. Dalam catatannya menunjukkan kurang lebih 30 ribu hektar dapat dimanfaatkan masyarakat untuk budidaya perikanan.

Ketiga, peternakan. Tak jauh beda dengan sebelumnya bahwa Rusman melihat jumlah lahan yang dipakai untuk mengembangkan potensi peternakan kurang lebih 35 ribu hektar.

Keempat, pengembangan budidaya ayam petelur. Bupati sedikit menyinggung kejayaan masa lalu peternakan telur asal Muna. Informasi yang diterima dari salah satu pedagang keturunan tionghoa bahwa supply kebutuhan telur di Sultra banyak diambil dari Muna. Namun saat ini masa keemasan itu telah berlalu.

Di samping empat poin di atas, Bupati banyak mentinggung mengenai potensi pariwisata Muna. Menurutnya pariwisata ini merupakan pintu masuk untuk menghadirkan kesejahteraan di Muna. Sektor pariwisata dapat menjadi trigger berkembangnya potensi Muna lainnya. Karena menurut Rusman, industri pariwisata ini terkait dengan banyak sektor lainnya.

Bupati Muna juga mengatakan bahwa beberapa waktu lalu salah seorang pejabat Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal sempat singgah di aula pertemun ini. Disitu terungkap bahwa ada beberapa cenderamata yang akan diberikan kementerian kepada Muna. Rusman mengaku sudah bertemu dengan pejabat di Kementrian tersebut. Hasilnya tak berbeda dengan apa yang diungkapkan pada pertemuan tersebut.

Program bantuan untuk Muna sudah digodok di kementrian. Bahkan menurut Rusman bahwa pejabat tersebut berani mempertaruhkan program tersebut agar bisa lolos. Bupati Muna terus membangun komunikasi dengan Jakarta demi membangun Muna. Komunikasi ini penting karena prinsipnya tak kenal maka tak sayang. Jika saja Muna semakin dikenal maka potensi bantuan semakin terbuka. Hal penting dilakukan mengingat Muna tidak dapat mengandalkan dana APBD semata yang jumlahnya sangat kurang. Oleh karena itu Rusman bersama pasangannya Malik Ditu berupaya mencari sumber-sumber lain dari luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *